Kaos sablon: Batik adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh unesco telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi. Batik ada 3 teknik pembuatan, batik tulis, batik cap dan batik printing (sablon manual).

Kaos sablon batik usaha baru dalam dunia usaha batik

Kaos sablon batik adalah kaos oblong yang diberikan variasi gambar atau ornamen batik dengan cara disablon. Jika anda pernah melihat teknik pembuatan spanduk, nah batik sablon ini tidak jauh beda dari itu. Cuman bahan warna yang digunakan jelas beda kualitas dan mutunya. Kelebihan dari batik sablon printing adalah kecepatan dalam produksinya, karena sekali cetak satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan hasil sesuai dengan ukuran plangkan yang digunakan. Selain itu motif batiknya juga bisa lebih detail. Teknik batik sablon printing umumnya digunakan oleh produsen batik untuk memenuhi seragam dalam jumlah yang cukup besar, sehingga biaya produksinya bisa lebih hemat.

Teknik pembuatan kaos sablon batik dengan cara print relatif sama dengan produksi sablon, yaitu menggunakan klise (kassa) untuk mencetak motif batik di atas kain. Proses pewarnaannya sama dengan proses pembuatan tekstil biasa yaitu dengan menggunakan pasta yang telah dicampur pewarna sesuai keinginan, kemudian diprint sesuai motif yang telah dibuat.

Jenis batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena tidak melalui proses penempelan lilin dan pencelupan seperti batik pada umumnya, hanya saja motif yang dibuat adalah motif batik. Oleh karena itu batik print merupakan salah satu jenis batik yang fenomenal, kemunculannya dipertanyakan oleh beberapa seniman dan pengrajin batik karena dianggap merusak tatanan dalam seni batik, sehingga mereka lebih suka menyebutnya kain bermotif batik.

Pada proses pembuatan kaos sablon batik ini, pola telah diprint di atas alat sablon, sehingga pembatikan dan pewarnaan bias dilakukan secara langsung. Jadi, proses batik dapat diselesaikan tanpa menggunakan lilin malam serta canting. Dengan demikian, proses hanya akan dan tentu saja memerlukan waktu yang lebih cepat disbanding pada proses batik tulis dan batik cap.

Kaos sablon batik adalah salah satu pelestarian budaya indonesia dan perlu didukung.

 

Kaos sablon: Kaos sablon semakin banyak peminatnya, penggemarnyapun dari berbagai tingkat sosial dan umurnya. Apalagi toko pakaian, supermarket, distro banyak berdiri sampai ke pelosok kabupaten dan pedesaan. Bisnis kaos sablon pun jadi meningkat omzet penjualannya.

Meningkatnya minat masyarakat untuk membeli dan memakai kaos sablon juga karena desain-desain yang ada bertambah macam, variasinya. Banyak yang berusaha mencari keuntungan dari bisnis sablon kaos ini, tidak hanya dalam skala besar, namun industri - industri rumahan pun ada.

Bahkan secara individu, banyak orang yang juga mulai tertarik mempelajari cara kaos sablon dengan harapan bisa membuat dan mendesain sendiri kaos-kaos pribadinya sehingga membuatnya lebih berkarakter.

Bisnis ini pun mudah dipelajari, dengan banyaknya buku panduan yang dijual bebas dan murah, bahkan kita pun bisa mengunduh tutorial dengan format video dari internet. Yang diperlukan hanyalah ketekunan, kerja keras dan tidak mudah putus asa. Begitu banyaknya permintaan pasar ini memberikan peluang besar untuk masyarakat mengembangkan usaha sablon tehnik ini karena desain gambar sablon bisa dipilih dan dibuat sesuai keinginan.

Akan terlihat profesional lagi jika jasa ini dapat memberikan layanan dalam pesanan partai yang besar seperti pesanan kaos untuk kampanye pemilu. Disinilah saatnya penyedia jasa bisnis sablon kaos ini berpromosi tentang hasil kerja mereka dan kecepatan dalam mengerjakan hasilnya dalam waktu yang sudah ditentukan. Untuk pesanan jumlah satuan tentunya harga akan lebih tinggi dibanding dengan pelayanan cetak partai yang besar. Screen printing yang digunakan untuk pengerjaan cetak kaos untuk pesanan massal tentunya harus menggunakan kualitas yang baik pula karena di pakai berulang-ulang.

Tehnik ini lama kelamaan menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan tersendiri baik bagi konsumennya sebagai pengguna juga designer dan penyedia jasa kaos SABLON

Dan saat inipun dengan berkembangnya teknologi yang ada dan adanya mesin digital printing yang semakin bagus dengan harga yang terjangkau. Bisa membantu pengusaha kaos sablon untuk mengembangkan usahanya tersebut. Kualitas dari sablon manual sudah tidak diragukan lagi, ditambah dengan mesin sablon digital yang mampu mencetak sablon kaos yang lebih fullcolour akan menambah minat pelanggan membuat sablon kaos bahkan hanya 1 kaos saja.